Pantangan Makanan Untuk Ibu Hamil

Tips Sehat Alami - Salah satu hal yang harus diperhatikan pada saat kehamilan adalah makanan. Tidak hanya makanan yang sehat untuk kebutuhan gizi ibu hamil saja, melainkan untuk menghindari makanan-makanan yang menjadi pantangan untuk dikonsumsi selama kehamilan. Lalu apa saja sih yang menjadi pantangan makanan untuk ibu hamil ? Berikut adalah 5 pantangan makanan untuk ibu hamil :

Pantangan Makanan Untuk Ibu Hamil
Pantangan Makanan Untuk Ibu Hamil

1. Makanan mentah atau setengah matang
Makanan yang masih mentah atau setengah matang bisa saja tercemar bakteri yang menyebabkan infeksi, diantaranya adalah bakteri Listeria yang menyebabkan keguguran atau janin meninggal dalam kandungan, bakteri E.Coli yang merusak usus dan ginjal, bakteri salmonella yang dapat memicu keguguran, serta parasit tokoplasma yang bisa menyebabkan janin menjadi abnormal. Oleh karena itu, saat mengonsumsi daging atau iakn, sebaiknya pastikan bahwa makanan tersebut telah dimasak hingga benar-benar matang.

2. Makanan laut (sea food)
Makanan laut memang mengandung zat besi, protein, dan asam lemak omega 3yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Akan tetapi, Anda harusberhati-hati sata mengonsumsi makanan olahan laut. Karen, sejumlah jenis makanan laut meiliki kandungan ligam merkuri yang tinggi yang dapat mengakibatkan pertumbuahn sistem syaraf janin jadi melambat. Adapun makanan laut yang baik untuk dikonsumsi seperti iakn salmon, teri, udang, dan ikan kakap, usahakan agar tidak lebih dari 340 gram dalam satu minggu. Sementara sea food atau makanan laut yang sebaiknya Anda hindari seperti sushi mentah, ikan hiu, seafood yang diasapkan, dan iakn yang berasal dari perairan yang telah tercenmar.

3. Kafein dan teh herbal
Hal itu karena, kafein dapat menembus plasenta yang akan dapat mempengaruhi detak jantung dan pernapasan janin. Selain itu, sejumlah studi juga menemukan bahwa mengonsumsi kafein yang berlebihan berkaitan erat dengan bayi lahir dengan berat rendah serta dpat meningkatkan resiko keguguran dan janinmeninggal sewaktu dilahirkan. Kafein tidaklah hanya berasal dari kopi, namun juga minuman bersoda. Sedangkan teh herbal sendiri, jika diracik dengan rosemary atau daun raspberry akan dapat menimbulkan kontrasi.

4. Keju dan produk susu lainnya
Keju atau produk susu lainnya yang berasal dari susu mentah yang belum dipanaskan hinggasuhu 60° Celcius selama 30 menit (pasteurisasi), mungkin saja mengandung kuman seperti Listeria, Ecoli, salmonella, dan bakteri lainnya yang dapat menimbulakna penyakit. Namun tidak semua keju dan olahan susu tidak boleh dikonsumsi. Susu dan yoghurt yang sudah dipasteurisasi dapat dikonsumsi. Hindari untuk mengonsumsi susu mentah, camembert, keju lunak, dan Blue heese.

5. Pemanis buatan
Walaupun efek secara nyata dari pemanis buatan terhadap kesehatan janin belum diketahui secara pasti, sejumlah ahli melarang ibu hamil untuk mengonsumsi pemanis buatan. 

Nah itulah 5 pantangan makanan untuk ibu hamil yang bisa kami sampaikan, semoga bisa menjadi referensi bagi anda semua.

0 komentar:

Posting Komentar